Review Hawkhost – Webhosting Murah dengan Kualitas Handal

Sebagai blogger yang berjiwa self managed (yang melakukan perancangan blog – dimulai dari nama domain, penentuan content managament system (CMS) blog, penentuan web hosting, pemilihan template dan plugin hingga maintenance – secara sendiri), penting menentukan hosting mana yang handal dalam menghost blog. Hosting yang handal dapat memberikan jaminan bahwa blog dapat online tanpa ada masalah tertentu (downtime terutama) dan cepat diakses dari mana saja. Dan kali ini, saya ingin memberikan review Hawkhost, salah satu host handal  sesuai dengan kategori tersebut (menurut saya).

Hawkhost Webhosting

Hawkhost sendiri sudah saya gunakan dalam menghost blog saya selama ± 3 bulan. Paket yang saya gunakan yaitu Basic dengan lokasi datacenter di USA.  Dan selama masa pemakaian itu, saya tak menyesal dengan si “elang” yang satu ini. Berikut beberapa review Hawkhost (kelebihannya menurut saya) dibandingkan webhost lainnya:

  • Litespeed. Webserver yang satu ini memang bagus. Lebih cepat dibandingkan dengan Apache (katanya 9 kali lebih cepat). Dan ini terbukti selama saya mengakses blog saya cukup cepat dibanding dulu (sebelumnya, saat saya memakai webhosting Site5 respon time website saya >25 ms, sedangkan saat menggunakan Hakwhost sekitar 18ms).
  • Multi jenis PHP. Ada beberapa script yang berjalan tergantung dari dependensi varian PHP, dan Hawkhost memberikan fitur ini. YAY!
  • Murah. Sekitar $40 per tahun yang harus dibayar untuk paket Basic yang saya gunakan. Di harga ini saya mendapatkan 3 GB penyimpanan dan bandwith unmetered. Dan ini lebih dari cukup buat menghost blog saya dan Nefara.
  • Dukungan multi DBMS dengan adanya tambahan PostgreSQL.
  • Fitur melimpah ruah. Dari R1 Soft Restore Backup, Softaculous, Embedded Cloudflare, Spam Experts, Fantastico (walaupun ini redundan menurut saya karena sudah ada Softaculous) dan lainnya.
  • Support yang sangat cepat. Kurang dari 15 menit, pertanyaan saya selalu dijawab memuaskan.

Jadi secara keseluruhan, jika dikasih nilai maka Hawkhost berhak mendapatkan nilai 9,5 dari skala 10. Kekurangannya sendiri menurut saya terletak pada support pada chat yang tidak 24 jam, namun dengan melihat respon yang cukup cepat di support ticket, saya rasa itu cukup. Oleh karena itu, saya sendiri menganjurkan untuk menggunakan si “elang” dalam menghost website. Hal ini terbukti juga dengan banyaknya review positif tentang Hawkhost dari usernya (termasuk di dalamnya mereka yang menggunakan plugin-plugin berat dalam blognya).

Comments

comments

4 Comments:

Comments are closed