Suisexual

Suisexual! Yah, mungkin selama ini yang paling kita ketahui tentang jenis orientasi seksual di dunia adalah heteroseksual atau homoseksual. Tetapi ternyata, di luar itu ada orientasi (yang entah sudah disahkan oleh APA atau belum!) lain yang sepertinya tidak familiar kita dengar, contohnya yah Suisexual ini. Nah, kali ini aku ingin membahasnya secara singkat namun konsisten informatif tentunya.

Suisexual sendiri merupakan gabungan dari kata Sui (bahasa Latin yang berarti diri sendiri) dan seksual. Dengan melihat secara harfiah, suisexual berarti hubungan seksual yang melibatkan hanya diri sendiri. Urban Dictionary sendiri mengartikan suisexual sebagai seseorang yang sama sekali tidak homoseksual, heteroseksual, dan juga aseksual. Mereka tidak tertarik kepada siapapun kecuali diri mereka sendiri. Mereka hanya suka dan cinta terhadap diri mereka sendiri. Tidak lebih, tidak kurang.

Suisexual sendiri mungkin bisa dibilang infeksi akut dari narsisme. Orang yang diyakini pertama kali mengidap orientasi ini adalah cowok terganteng sepanjang masa menurut legenda Yunani kuno yaitu Narcissus. Narcissus dalam mitosnya (akan dipostkan ceritanya suatu saat) diceritakan jatuh cinta terhadap dirinya sendiri saat melihat cerminan dirinya di sebuah sungai jernih. Akibat rasa cintanya, dia pun mati terbunuh karena terjatuh ke sungai tanpa ada yang menyelamatkannya.

Narcissus Sang Suiseksual

Dari cerita ini, mungkin di luar sana kita sering melihat orang yang mengalami gejala narsisme. Mulai dari tingkat terendah hingga tingkat tertinggi (maksimal). Orang-orang ini bisa jadi diam-diam memiliki orientasi suisexual karena hanya puas akan dirinya sendiri (dan tidak akan pernah puas terhadap eksistensi orang lain). Jadi, buat teman-teman yang merasa mengidap gejala narsisme, rasanya perlu memeriksakan kondisi psikis karena siapatahu Anda mengidap suisexual yang notabene aktualisasi tertinggi dari narsis itu sendiri.

Comments

comments

Comments are closed